Bunda Sayang

Game Level 8 Bunda Sayang : Mencatat Pemasukan dan Pengeluaran

Cerdas Finansial – Day 02. Mencatat pemasukan dan pengeluaran keuangan memang penting sekali. Hal ini adalah untuk menghindari terjadinya ‘kecelakaan ekonomi’. Selain itu juga akan lebih mudah untuk tracking pengeluaran.

Melakukan pencatatan pengeluaran dan pemasukan sebenarnya sudah saya lakukan sejak lama. Mulai dari cara konvensional yaitu di catatat di notes, ataupun menggunakan aplikasi yang ada di play store. Tapi saya tidak pernah konsisten dalam mencatat pengeluaran dan pemasukan 😂. Karena kadang suka ribet sendiri kalau mencatat hingga pengeluaran seperti membayar parkir 😂. Kenapa? Karena saya menggunakan aplikasi sehingga pemasukan dan pengeluaran sekecil apapun harus dicatat. Agar nominal baik yang ada di dompet dan buku tabung sesuai dengan adanya. Tapi lama-lama ribet juga.

Namun semenjak menikah, saya berusaha untuk konsisten mencatat kembali pemasukan dan pengeluaran. Namun berbeda dari sebelumnya, akun yang saya masukkan di aplikasi hanya akun buku tabungan saja, baik akun untuk gaji suami, akun bank saya pribadi, dan akun untuk menabung. Sehingga pengeluaran yang saya catat hanya ketika mengambil uang di ATM saja. Lebih mudah namun tetap terkendali.

Aplikasi Money Manager

Aplikasi tersebut adalah aplikasi yang saya gunakan untuk mencatat pemasukan dan pengeluaran. Sukanya pakai aplikasi ini karena sangat mudah dan bisa untuk beberapa akun.

Enaknya lagi ada menu kalender dimana semua pemasukan dan pengeluaran akan muncul sesuai tanggal kapan uang masuk atau keluar. Warna merah adalah untuk pengeluaran. Sehingga akan lebih mudah melakukan tracking pemasukan ataupun pengeluaran.

Kalau klik tanggal yang ada nominalnya akan muncul seperti pada gambar di atas. Tapi yang tidak enak dari aplikasi ini. Setiap bulan pada bagian income tidak muncul pada menu paling depan dari aplikasi ini. Namun pada menu account nominal pasti sesuai dengan yang kita masukkan sebelumnya. Sehingga pada bar ‘total’ malah muncul “-“(minus). Namun income pada menu account pasti berkurang ketika melakukan pencatatan pengeluaran.

Yups, kalau sudah menikah memang penting sekali untuk melakukan pencatatan pengeluaran ataupun pemasukan. Agar tidak terjadi kecelakaan ekonomi 😂.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s