Opini

Apa Perlu Transportasi Online ditiadakan?

Apa Perlu Transportasi Online ditiadakan_.jpg

Semakin hari perkembangan teknologi semakin pesat dan semakin memudahkan manusia dalam berbagai hal, salah satunya adalah kebutuhan moda transportasi umum. Sejak tahun 2015, publik dihebohkan dengan munculnya transportasi online yang dipelopori oleh GO-JEK. Pada awalnya transportasi online yang muncul masih sebatas ojek online. Lalu semakin beragamnya kebutuhan masyarakat pada transportasi, muncul juga taksi online. Kemudian pesaing dari Go-JEK sendiri muncul seperti Uber dan Grab.

Munculnya transportasi online itu sendiri bukannya tanpa alasan. Pasalnya seiring dengan perkembangan jaman dan kebutuhan masyarakat perkotaan pada khususnya yang serba cepat dan mudah, kehadiran transportasi online akhirnya menjawab kebutuhan tersebut. Semakin hari, layanan yang tersedia tidak hanya sekedar moda transportasi. Namun juga berkembang ke jasa lainnya seperti jasa bersih-bersih rumah, jasa pengiriman barang, jasa pembelian makanan, dan jasa lainnya. Semua itu dipesan secara online melalui smartphone.

Namun kehadiran transportasi online tersebut menimbulkan adanya polemik diantara para sopir transportasi konvensional. Mereka beranggapan bahwa kehadiran transportasi online menyebabkan berkurangnya pendapatan mereka setiap harinya. Sehingga sering kali kita saksikan baik secara langsung maupun melalui media cetak atau elektronik, para sopir transportasi konvensional melakukan aksi demo menolak transportasi online. Bahkan pernah juga tersiar berita adanya sopir transportasi konvensional yang menyerang sopir transportasi online.

Tidak mudah memang bagi sopir transportasi konvensional dalam menerima kehadiran transportasi online. Karena transportasi konvensional membutuhkan adaptasi terhadap kemajuan teknologi. Namun bagaimanapun, masyarakat harus sadar bahwa dengan berkembangnya teknologi maka dibutuhkan cara-cara yang kreatif juga dalam pengadaan moda transportasi itu sendiri. Namun disisi lain, pihak transportasi online juga –saya rasa- perlu untuk merangkul transportasi konvensional untuk meminimalisir adanya bentrokan.

Saya pribadi sangat menyadari bahwa kehadiran transportasi online sendiri sangat membantu saya. Apalagi saya pernah tinggal di kota dengan keberadaan transportasi konvensional yang kurang memadai, terutama dari segi kuantitas.

Tidak  ada yang salah dengan kehadiran transportasi online karena keberadaannya sangat membantu memenuhi kebutuhan kaum urban. Mungkin diperlukan strategi dan koordinasi agar antara transportasi online dan konvensional dapat berjalan selaras tanpa bentrokan.

 

Advertisements

4 thoughts on “Apa Perlu Transportasi Online ditiadakan?

  1. Saya termasuk pengguna transportasi online setiap harinya, merasa sangat terbantu dan banyak mengambil manfaatnya.
    Yang perlu dipikirkan bersama adalah merevitalisasi transportasi umum agar lebih manusiawi dan layak digunakan, termasuk perubahan sistem serta pendidikan/pelatihan untuk pengemudinya.
    Kalau transportasi publik sudah bagus, saya rasa persaingan bisa semakin sehat dengan transportasi online.

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s