Bunda Sayang

Game Level 6 : Beres-beres ala Marie Kondo

9

Saya rasa sudah cukup banyak orang yang tahu siapa Marie Kondo dan apa yang ia lakukan. Yups, Marie Kondo adalah konsultan dalam hal beres-beres dan lebih sering dikenal dengan Konmari Method.

Beberapa hari yang lalu saya mengikuti kulwap tentang beres-beres ala Marie Kondo. Tanpa pikir panjang saya langsung menekan tombol join pada link whatsapp yang dishare. Saya sangat tertarik dengan metode Konmari ini karena yang ditawarkannya tidak hanya sekedar bagaimana caranya merapikan rumah agar tetap terlihat rapi, bersih dan enak dipandang. Namun metode yang ditawarkan dapat memberikan dampak psikologis yang luar biasa.

Jadi, sebelum memulai melakukan beres-beres, hal pertama yang wajib banget untuk dilakukan adalah menyortir semua barang-barang yang ada dirumah TANPA AMPUN. Barang-barang yang dirasa tidak bisa dipakai lagi dan tidak dibutuhkan boleh dibuang, namun jika masih bagus dan masih bisa dimanfaatkan baiknya disumbangkan. Yang disisakan adalah barang-barang yang PALING MEMBUAT ANDA BAHAGIA. Nah ini poin penting yang pertama. Karena kita kadang tidak menyadari bahwa kita sering menimbun barang yang hasilnya jadi bernilai mubadzir. Mending disumbangin kan, insyaa Allah dapat pahala dan bisa sebagai kegiatan berbagi kebahagiaan.

Lalu selanjutnya cara meletakkan barang-barang tersebut. Setelah disortir dan disingkirkan tanpa ampunan, barang-barang yang ada dipisahkan dan diletakkan sesuai dengan kategorinya. Jadi dengan demikian, akan lebih mudah mengambil dan juga mempermudah proses bersih-bersih selanjutnya.  Lalu letakkan barang-barang tersebut dengan rapi. Sudah deh!

Saya masih belum menerapkan metode Konmari ini secara penuh. Yang baru saya lakukan adalah menerapkan basic folding untuk pakaian. Dan hasilnya adalah isi lemari jadi lebih rapi dan cantik. Tiap kali buka lemari rasanya bahagia tiada tara. Alhamdulillah. Menurut saya metode ini sesuai dengan slogannya yaitu Spark Joy! Karena memang benar-benar menebarkan kebahagiaan.

Pas saya lagi lipat-lipat pakaian, si Mas minta diajarin basic folding ala metode Konmari. Terus kata si Mas, “ah gampang ya? Ayo dilipat lagi”. Bahagianya liat si Mas bantuin juga. LOL

PhotoGrid_1512473073079.jpg

Oh ya, selain itu, metode ini juga bikin hemat listrik dan tenaga. Karena saya nggak perlu setrika seluruh pakaian. Hanya menyetrika pakaian yang dipakai keluar jalan atau pakaian kerja si Mas. Balik lagi tergantung dari cara pas jemur. Pastinya juga pas dilipat usahakan pakaiannya diusap-usap. Itung-itung bisa menghemat anggaran listrik dan juga bisa dialihkan untuk yang lainnya ya. Maklum sekarang udah jadi emak-emak, jadi kudu irit dan perhitungan. Tapi jangan sampai kikir dan pelit ya! Heheh..

IMG_20171130_152051.jpg

Metode ini bikin happy banget deh pokoknya. Coba aja!

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s