Kulwap

Kulwap Seni Beres-Beres Konmari Bersama Khoirun Nikmah L. J.

Save(2)

Beberapa bulan yang lalu, saya melihat postingan seorang teman FB tentang Konmari Method ini. Lalu saya jadi tertarik sehingga saya pun sering browsing-browsing tentang Konmari Method.

Konmari Method adalah metode dalam hal beres-beres rumah agar rumah kita tetap terlihat rapi, bersih dan kita jadi happy ngeliatnya. Untunglah pas buka sebuah kelas di WA ada info kulwap Konmari Method. Saya langsung cuss join.

Yang saya suka dari metode Konmari ini adalah kita tidak hanya sekedar diajak untuk berberes rumah, namun juga diajak untuk mengurangi barang-barang yang sebenarnya tidak kita butuhkan namun dibeli karena INGIN. Selain itu juga kita diajak untuk menghargai setiap barang yang kita miliki yaitu dengan cara menatanya dengan rapi. Tidak hanya sekedar ditata, namun juga perlu memperhitungkan bagaimana caranya agar kita mudah dalam membersihkan, lalu menata kembali.

Jadi metode Konmari ini tidak hanya sekedar cara untuk menjaga kebersihan dan kerapian rumah, namun kita juga sebuah gerakan untuk belajar ikhlas dan saling berbagi.

Sebelumnya kita perlu kenalan dulu kali yaa sama narasumbernya, heuheuheu..

Nama Lengkap:
Khoirun Nikmah Latifatul Jannah (tapi di akta ditulis Khoirun Nikmah πŸ˜„)

Tempat, tanggal lahir:
Lumajang, 26 November 1992

Pendidikan :
#TK PGRI PasirianSDN 04 pasirian
#SMPN 1 Pasirian
#SMAN Tempeh – Adiwiyata
#Institut Teknologi Sepuluh Nopember ITS-Surabaya

Media Sosial:
FB : Khoirun Nikmah Latifatul Jannah
IG :Β @nikmah26
Twitter : nikmah_niknik

Aktivitas saat ini:
#Pengajar PAUD
#Active writer
#Active learner
#Pegiat komunitas KONMARI Indonesia

Tanpa lama-lama berbasa-basi, yuk simak hasil diskusinya..


Uswah – Aceh

assalamualaikum warrohmatullah bunda,

Apa ada trik2 merapikan almari bagi kami keluarga yg suka nomaden sehingga kami lebih membeli rak2 plastik utk lemari baju kami dan mainan?trkadang suka tdk rapi seperti baju tdk bs digantung

kondisi kami nomaden utk 3-4th kmdn berpindah ke propinsi lain krn dinas kantor

Jawaban :

wslm wr wb. menggunakan drawer/lemari laci. sejatinya jika menggunaakan metode konMari justru sangat memudahkan. asalkan proses sortir barang beres total (hanya menyimpan yg digunakan dan spark joyπŸ’ ) juga dilipat sesuai basic foldnya marie, semua teratasi. saya juga masih ngontrak, tahun depan baru pindah ke rumah permanen, awalnya saya banyak barang, lambat laun mulai dkurangi dan sortir semua yg memang menyenangkan dan digunakan. yg paling mencolok di rumah (luas rumah kontrakan 120mΒ² memang luas banget) yaitu rak buku. awalnya sy ada 5rak buku dan gak muat, saat ini sudah berkurang jd hanya 2 rak buku. pun lemari pakaian udh gak pakai gantungan lg, lemari didonasikan ke orang jd lebih lega kamar.

lantas gimana dg pakaian yg perlu digantung?

alhamdulillah gamis2 sy lipat sesuai konmari basic fold gak ada yg lecek, utk pakaian kerja digantung di gantungan khusus di luar drawer -juga berfungsi utk pakaian yg baru dipakai 1x- itupun hanya 3-5 stel saja.


Laila – Majene Sulawesi Barat

Saya mau bertanya :
1. Saya punya banyak set koleksi kudung shalat, cara menatanya bgmn?
2. Saya punya banyak koleksi jilbab pasang, bukan paris, yg bahannya kebanyakan spandek, cara menata dan melipatnya seperti apa.?

Terimakasih

Jawaban :

1&2. sortir dulu sampai tuntas. lipat sesuai basic foldingnya konmari (ada di video). simpan di box/kotak khusus.


Hanifah Y – Bontang, KalTim

Bagaimana cara mensosialisasikan metode Konmari ini ke anggota keluarga lain karena barang2 di rumah pun sebagian milik suami dan anak2 terima kasih

Jawaban :

caranya : diskusikan dg anggota keluarga utk visualisasi bersama ingin punya rumah /ruangan seperti apa. jika itu sudab, diskusikan terkait barang2 yg tidak digunakan (jika muslim : kelak ada hisabnya. jika non muslim : poinnya masalah clutter-berantakan overload. jd kudu disortir, cukup lega dan punya rumah/tempat).

kemudian kenalkan metode konMari ini.

-detail caranya ada di kelas wag komunitas konmari indonesia-


Shabrina – Jepang

Saya mau bertanya, bagaimana kah menerapkan teknik ini untuk barang2 bukan milik sendiri? Misal barang anak, suami, orang tua. Menurut kita sebenarnya sudah tidak perlu dan memakan tempat, tetapi menurut mereka masih perlu. Ingin rasanya kita membereskan tetapi mereka belum berkenan. Apakah ada tips/pendekatan yang bagus?

Jawaban :

sama sprti pertanyaan nomor 3. berikan wawasan.

cara paling cepat adalah : mulailah dari barang milik sendiri dulu. jika oranglain melihat perubahan pada diri kita maka itu akan otomatis menular.


Sukma, Balikpapan

Kalau punya anak bayi beres2nya gimana ya? Apakah mainan ada kategorinya juga atau dijadikan 1 saja? Anak saya 10bulan

Jawaban :

saya mengenalkan beberes pada anak sejak bayi. sederhana saja, mulai dari belajar buang smapah pd tempat sampah, ngepel, bermain nyuci2an dan menata mainan. saat ini anak sy berusia 2taun udh bisa merapikan sesuatu, bahkan kadang ‘membantu’ mencuci wlo gak bersih πŸ˜…

caranya :
cukup seleksi mainan atau barang2nya, jika ada yg gak digunakan ucapkan terimakasih dan buang. sediakan tempat khusus mainan. letakkan di tempat anak biasa bermain, biarkan eksplorasi, setelah selesai ajarkan /bersamai anak utk merapikan mainannya. gakbisa instan , kudu berkali2 ngajarin anak balita. ada di materi konmari for kids di klas intensif kami.


Lia, Surabaya

Selamat siang….
Gimana cara menata lemari biar kelihatan selalu rapi… Dan bagaimana cara melipat baju yang baik. Terimakasih…

Jawaban :

Ada di modul diatas dan juga video yg nanti sy bagikan

kuncinya : sortir sampai tuntas kemudian sediakan tempat (rumah)nya. lipat/rapikan sesuai metode konMari.

berantakan terjadi karena kebiasaan :
1. barang overload gak punya tempat
2. malas mengembalikan pada tempatnya


AiSR, Magelang

Dalam materi tertulis bahwa menata baju itu memberdirikan pakaian..kalau bentuk lemari seperti di slide sepertinya mudah..nah kalau di.rmh sy adanya lemari tanam yang bentuknya tinggi keatas.. jd bagaiaman menyiasati dlm merapikan pakaian?
Lalu bisa di share kah bagaimana melipat kaos, kemeja, kaoskaki, daleman, agar tidak makan tempat?? Trimakasih

Jawaban :

bisa, menggunakan box atau kotak partisi (bisa buat sendiri, bisa beli).

awalnya sy juga punya lemari tinggi. saya gunakan kardus bertumpuk. ada juga peserta wag komunitas yg menggunakan rak2 dan partisi dari kayu. marie kondo juga menggunakan parrtisi tambahan, membuat sndiri.

utk cara melipat nanti sy share videonya


Nury – jakarta
Kalau cara melipat pakaian dan lainnya seperti digulung begitu, sedangkan saya, suami ataupun keluarga kalau pakai baju masoh suka pilih pilih. Lalu bagaimana caranya agar melihat, memilih pakaian yg pas saat diambil? Tanpa mengacak-acak susunan pakaian?

Jawaban :

bukan digulung. tapi dilipat.
karena pakaian kita juga butuh ‘istirahat’ didlm ‘rumahnya’ maka tidak boleh ditumpuk supaya gak tertindih. inti dari konMari ini : menghargai barang dg cara membuatnya nyaman sehingga saat diambil dan dikembalikannya mudah.
lebih mudah malah daripada pakaian ditumpuk


Siwi- Jogja- baru akan belajar konmari.

Saya bingung, ketampar tampar sebenarnya. Tapi bagaimana ya membuang barang, dengan bakat input (mengumpulkan Apapun yang rencananya akan diapakan gitu) apakah tetap harus dibuang? Atau ada durasi waktu tunggu hingga nilai memorinya hilang.

Jawaban :

dalam teori konMari, jika barang itu mengendap selama 3bulan gak digunakan artinya kita tdk memerlukannya. jadi memang harus dibuang. bhkn ada seorang notaris yg kerjaanya dg data2 sedemikian banyak hingga rumahnya penuh, atau books collector juga. setelah mereka membuang semua tanpa ampun, malah justru lega

hobi menyimpan barang sbnrnya ini salah satu bentuk penyakit (klo didlm islam jelas ya menumpuk2 barang menjadikan diri pelit, kikir, gak terbiasa sedekah, atu ada kisah qorun). klo di luar negeri biasa disebut hoarder. intinya itu bisa menyangkut kejiwaan πŸ˜…

nah terapinya gimana? klo udh hard, butuh psikolog. klo masih rendah ada caranya. konsepnya panjang jika sy jelaskan disini πŸ˜…

udh jam 21.00 ya


Mbak Susi

Bagamana menghilangkan rasa sayang terhadap baju atau buku yang merasa ada memorinya…?

Jawaban :

yg memorial disortir di akhir. masuk kedalam kategori memorial (urutan terakhir) jgn stuck di tempat.

inti dari barang kenangn ada di modul. yg kita simpan adalah kenangannya, bukan barangnya. utk kenang2an simpan beberapa yg mewakili saja

klo sayang/eman gimana?

Banyak orang yg sayang pada barangnya -wlo gak digunakan- ini klo kita muslim bisa ketampar2 klo liat sejarah kehidupan rasulullah dan para shahabat. pakaian aja ditambal2, tapi tetap rapi, elegan, wangi.

intisari dari berkonmari bukanlah pada merapi2kannya, melainkan pada pembentukan karakter dan habit. orang yg biasa sayang dan numpuk barang cenderung kikir, sejatinya jika kita merelakan barang tsb maka akan ada sesuaatu yg akan kita dapatkan lebih dari itu


Mbak Laila

Jilbab spandek dan sejenisnyakan bahannya lembek gbs berdiri… Cara lipatnya gmn ya?

Jawaban :

lipatannya lebih dibanyakin. kayak sushi tar bentuknya, klo orang lain liat seolah digulung2 pdhal itu dilipat


Mbak Ani

Suami sy tugas luar, bisa2 sampai 4 bln sekali bajunya terpakai. Sedangkan adanya lemari tanpa tutup. Bgm mengatasi debu ya? Bolehkah baju2 disimpan lama di dlm plastik tertutup?

Jawaban :

bisa menggunakan kotak yg ada tutupnya mba, banyak yg jual jika gakmau membuat sendiri. salah satu peserta wag di gruo kami, kreatif membuat dus2 tertutup dg memotong2 bhan sendiri. raknya juga terbuka, jd cantik gitu penataan dg dus tertutup. tiap dus diberikan label sendiri

Masukan dari saya (wkwkw)

Ato kalo mau praktis, nyari kardus di tmpt fotocopyan. Biasany ada kardus utk kertas gt. Tinggal dilapisin aja biar keliatan bagus. Hehe. Biasany saya kayak gitu ✌


Kata-kata penutup dari Mbak Nik :

Intinya

Bukan sekedar berbenah yg kita dapatkan dari berkonmari, namun lebih dari itu.

Semngat semua teman2. Dengan berkumpul bersama orang yg satu energi, satu frekuensi positif akan mnjadikan kita positif. trust it.

wslm wr wb.


Basic folding ala Konmari

WhatsApp Image 2017-11-27 at 9.01.44 PM

WhatsApp Image 2017-11-27 at 9.01.53 PM

WhatsApp Image 2017-11-27 at 9.02.01 PM

WhatsApp Image 2017-11-27 at 9.02.08 PM

Contoh real penerapan

WhatsApp Image 2017-11-27 at 8.44.22 PMWhatsApp Image 2017-11-27 at 8.45.50 PMWhatsApp Image 2017-11-27 at 9.13.05 PM.jpeg

Yang pasti metode Konmari ini tidak hanya sekedar pada beberes isi lemari, namun seluruh isi rumah.

For more info tentang Metode Konmari join aja di FB Komunitas Konmari Indonesia atau official IG @mariekondo

Tips tambahan dari Mbak Wanginingastuti

Beberapa tips untuk temen2 yang mau ikutan gerakan tanpa setrika 😁

1. Saat menjemur, pastikan dijemur dengan rapih.
Kalau yang pakai mesin cuci lebih mudah, karna dengan mesin cuci, baju-ya bisa sampe nyemek2 aja.
Nah itu di kebas2in dulu, agak ditarik2, baru dijemur.

Kalau yang ndak pakai mesin cuci, usahakan saja sebisanya saat menjemur itu dalam keadaan rapih.

Jadi saat nanti bajunya kering, sudah ndak terlalu kusut.

2. Setelah kering, jangan asal tumpuk.
Baju yang sudah kering, kalau langsung ditumpuk (bukan dalam keadaan rapi) pasti akan makin kusut.
Jadi sebisa mungkin setelah baju kering, langsung dilipat.

3. Saat melipat, anggap saja telapak tangan kita itu setrika, jadi tangan kita mengelus2 baju-nya dengan kasih sayang biar ndak seberapa kusut,
Lalu lipat, dan susun dengan rapih.

Cara ini yang saya biasa lakukan ^_^
Tapi tidak bisa diaplikasikan untuk kemeja yaa πŸ™ˆ

Gamis2 bahan wolfis, baletoli, kaos, ceruti apalagi, tanpa disetrika masih bisa rapih kok ^_^

5 tahun di Jepang, mungkin hanya 10-15 x aja saya nyetrika baju (saya dan suami) saat akan presentasi untuk ujian atau conference πŸ˜πŸ™ˆ

Heuheuheu..

Selamat ber-Konmari riaaa..

Salam

Spark Joy

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s