Bunda Sayang · Uncategorized

Game Level 6 : Manajemen Waktu

5.jpg

Allah sudah memberikan kita 24 jam dalam sehari. Dan bahkan kadang kita termasuk saya sendiri sering merasa waktu 24 jam sehari itu masih belum cukup. Apalagi dulu waktu masih jaman kuliah saya selalu merasa waktu 24 jam itu masih sangat tidak cukup. Kenapa saya menganggapnya belum cukup? Karena saya sudah mengerjakan tugas sampai tidak tidur, bahkan sehari hanya tidur 1 jam saja. Itupun tugasnya masih belum selesai juga. LOL. Makanya jaman kuliah dulu saya jarang ikut organisasi. Paling mentok hanya menjadi tim hore saat ospek jurusan.

Namun ketika saya bekerja dan sudah tidak bergulat dengan tugas kampus yang menumpuk, saya merasa hidup saya anteng-anteng saja. 8 jam untuk bekerja, 8 jam untuk istirahat, 8 jam untuk main dll, pastinya juga untuk ibadah. Sangat berbeda. Bahkan kadang terasa boring karena kegiatannya itu-itu saya. Tapi emang dasar sayanya aja sih yang nggak kreatif pada waktu itu. LOL

Bagaimana dengan sekarang?

Saat ini sebenarnya yang masih sulit untuk saya terapkan adalah istiqomah terhadap gadget hours yang sudah saya buat. Kadang ditaati kadang nggak. Apalagi dengan posisi saat ini lagi magang jadi admin medsos divisi online IIP Surabaya, selain itu juga menjadi panitia milad IIP Surabaya. Bisa dibayangin kan gimana tiap hari grup WA ting tung ting tung terus?! Belum lagi pengalaman saya menjadi panitia adalah nol putul dan saya benar-benar belajar dari 0 untuk saat ini. Kadang suka merasa malu karena saya belum bisa apa-apa. Bahkan kadang merasa bersalah karena masih terlalu sangat cetek dalam hal berorganisasi.

IMG_20171125_130311.jpg

Saat ini saya sudah menikah dan hanya menjadi IRT, namun masih menerima pekerjaan freelance tapi membatasi. Karena saya juga ingin membagi waktu saya untuk mengerjakan hal-hal yang sudah sejak lama ingin saya tekuni yaitu blogging, crocheting dan juga crafting. Saya selalu happy dengan hobi baru saya ini. Namun kadang saya sering merasa tidak memiliki waktu untuk mengerjakannya, kecuali blogging. Karena saya sudah menargetkan untuk menulis minimal 1 hari minimal 1 tulisan. Semoga istiqomah.

Oleh karena saya ingin segalanya berjalan dengan semestinya. Saya mencoba untuk merinci setiap kegiatan saya mulai dari yang paling prioritas dan mendesak untuk dikerjakan hingga yang masih bisa ditunda. Agar kegiatan berkomunitas, pengembangan diri melalui hobi, dan mengurus rumah dan suami dapat berjalan dengan baik.

Saya sudah menjadwalkan bahwa tiap weekend adalah waktu saya untuk melakukan hobi crocheting ataupun crafting saya agar saya benar-benar fokus untuk mengerjakannya, namun saya tetap tidak melupakan tugas saya menjadi admin di divisi online.

To be honest, mengendalikan diri agar tidak terpengaruh dengan ting tung HP saat bukan waktunya bergadget ria masih susah dan juga mengendalikan diri untuk tidak berchat ria dengan teman-teman semasa kuliah di grup masih susah. Oleh karenanya membutuhkan latihan terus menerus.

Saya membuat catatan tersebut sejak hari sabtu kemarin. Perihal gadget hour masih belum benar-benar saya taati, namun mengenai pengendalian diri untuk tidak berlama-lama mengecek timeline di FB ataupun IG sudah mulai bisa terkendali.

Manajemen waktu ini juga menjadi bagian dari matematika dimana misalkan penentuan gadget hour adalah sebuah kesepakatan antara diri saya sendiri dan juga suami. Agar kami juga memiliki waktu yang produktif tanpa gadget.

Seperti apa yang dikatakan oleh Mbah Jo bahwa matematika itu juga adalah tentang kesepakatan! Sehingga ketika saya memutuskan untuk membagi waktu saya dengan sedemikian rupa maka sayapun harus sepakat untuk mematuhinya. Agar urusan rumah dan suami, hobi dan pengembangan diri, berkomunitas dapat berjalan dengan selaras tanpa ada yang diabaikan.

Uh, harus berlatih lebih keras nih..

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s