Kuliner · Uncategorized

Berencana Liburan ke Lombok? Jangan Lupa Untuk Mencoba Beberapa Makanan Khas Lombok Ini

Lombok menjadi salah satu tempat wisata yang sering dikunjungi oleh wisatawan, baik wisatawan asing maupun wisatawan domestik. Tidak hanya panorama pantainya saja yang mampu memikat para wisatawan. Namun juga keindahan pegunungan, air terjun dan tentunya makanan khas yang ada di Lombok.

Ngomong-ngomong soal makanan khas Lombok, saya jadi kangen nih buat makan makanan khas Lombok. Secara gitu saya udah 2 bulan ini saya balik ke perantauan dan jauh dari rumah. Apalagi di tanah rantau sangat jarang ada yang jualan makanan khas Lombok. Sekalipun ada, pasti rasanya beda dong ya.

Karena saya orang asli Lombok dan cukup sering berkelana untuk wisata kuliner bersama keluarga. Paling nggak taulah ya makanan khas Lombok yang wajib banget untuk dicoba. Check it out!

Pelecing Kangkung

Pelecing_kangkung.JPG

Udah pada tau belum ya kalau kangkung di Lombok beda banget dengan kangkung di Jawa? To be honest good people, selama 8 tahun saya merantau di Jawa, saya belum menemukan kangkung seperti yang ada di Lombok. Jadi nggak salah kalau banyak orang Jawa yang pernah ke Lombok pasti ketagihan dengan kangkungnya Lombok.

Duh kok malah bahas kangkung. Balik ke laptop ya.

Pelecing kangkung ini adalah salah satu makanan khas di Lombok dan yang paling sering di cari oleh wisatawan. Tentunya bahan dasar dari pelecing kangkung adalah kangkung itu sendiri. Proses pembuatannya sangat gampang yaitu kangkung di rebus terlebih dahulu kemudian di tiriskan dan diberikan sambal tomat. Endeeess euy!

Kalau mencari pelecing kangkung mah gampang sekali. Biasanya di rumah makan taliwang pasti menyediakan pelecing kangkung. Kalau saya sendiri sih, pelecing kangkung favorit saya ya di warung kecil di daerah Seruni. Lokasinya ada di seberang Perpustakaan Daerah Provinsi NTB.

Kalau beli pelecing kangkung di rumah makan taliwang porsinya pasti sedikit, karena pelecing kangkung tersebut di nikmati dengan nasi. Tapi kalau beli di warung seruni, pasti lebih banyak karena disajikan dengan lontong.

Hmmm.. jadi ngiler nih ngebayangin pelecing kangkung. Apalagi kalau sambalnya baru selesai di uleg. Beehh, sedaaapp

Ayam Taliwang

sejarah ayam taliwang

Makan ayam dimana saja memang bisa dan mudah ditemukan. Tapi ayam taliwang ini beda dari ayam-ayam yang lain. Ukuran ayamnya sendiri tidak terlalu besar tapi endeslah pokoknya. Kalau menurut saya, paling enak jika disantap dengan sambal beberok. Hmm.. sedap..

Untuk bisa menemukan rumah makan yang menjual ayam taliwang sangat mudah. Biasanya di kawasan Kota Mataram banyak ditemukan rumah makan taliwang. Bahkan dikawasan jalan lingkar utara, rumah makan taliwang berderet sepanjang jalan. Tinggal pilih saja mau makan di warung taliwang yang mana. Heheh..

Ayam taliwang sendiri disajikan dalam bentuk ayam goreng ataupun ayam bakar. Bisa pilih sesuai selera.

Sate Rembiga

 

Makan sate memang sudah biasa. Tapi kalau liburan ke Lombok wajib banget untuk menyantap sate Rembiga. Dimana bisa menemukannya? Ya di daerah Rembiga sendiri. Lokasi warung sate rembiga ini sangat dekat dengan bandara yang lama. Jadi akses untuk kesana sangat mudah. Kalau menggunakan taksi pasti taulah ya bapak taksinya kudu kemana.

Nasi Puyung 

1 L5f76WtUr1weFLu4rfuQYg

Wah, makanan satu ini jangan sampai terlewat. Secara penampakan sih biasa saja. Tapi soal rasa, beuuhh endeeess. Puyung sendiri sebenarnya adalah nama desa di Lombok Tengah. Karena yang menjadi pelopor dari nasi puyung tersebut berasal dari Desa Puyung dan sudah berjualan sejak tahun 80an dan selanjutnya usaha nasi puyungnya di turunkan kepada anak dan cucunya. Maka jadilah nasi balap ini dikenal dengan nasi puyung.

Rumah makan yang menjual nasi puyung di Lombok cukup banyak. Jadi nggak bakalan bingung deh buat nyarinya. Bahkan baru keluar dari Bandara International Lombok aja sudah bisa menemukan warung nasi puyung tuh. Warung nasi puyung yang terkenal sih nasi balap puyung Inaq Esun. Di Mataram banyak kok. Soal harga, tenang saja. Pas dikantong, apalagi bagi backpacker.

Sate Bulayak

Resep-Sate-Bulayak

Sate bulayak ini adalah yang paling saya cari-cari setiap kali pulang kampung. Sebenarnya sate bulayak sendiri hampir sama dengan sate lainnya. Yang membedakan adalah bumbunya. Dan yang dimaksud bulayak adalah lontongnya. Jika biasanya lontong dilapis dengan daun pisang, bulayak ini menggunakan daun aren atau enau dan berukuran lebih kecil dari lontong biasanya.

Sate bulayak ini biasanya di jual di kawasan Pantai Senggigi, pemandian Suranadi dan juga taman Udayana.

Sate Ikan Tanjung

sedang_14981572516.-Sate-Tanjung-pbs.twing_.com-.jpg

Jika Anda berkunjung ke Gili Trawangan, Meno ataupun Gili Air, jangan lupa untuk mencicipi sate ikan tanjung. Sate ikan tanjung sendiri salah satu makanan khas yang biasanya paling sering di temukan di Lombok Utara. Kalau ingin mencicipi sate ikan tanjung, jangan dicari pada malam hari ya. Biasanya kalau sudah malam, satenya sudah habis.

Kandoq Kelaq Lebui

4.sayurlebui

Kandoq kelaq sendiri artinya sayur dan lebui adalah salah satu jenis kacang-kacangan. Kandoq kelaq lebui ini menjadi salah satu makanan khas Lombok yang menurut saya sayang jika dilewati. Melihat penampakannya sendiri sih seperti cumi kuah hitam. Dan yang menambah sedapnya sayur lebui ini adalah adanya campuran kemangi. Wuenak euy.

Biasanya sih di warung-warung taliwang ada kok yang menyediakan sayur lebui. Jangan sampai terlewat lho yaa.

Sambal Beberok

Resep Sambel Beberok Pulau Lombok

Sambal beberok ini adalah salah satu sambal yang wajib banget untuk diicip. Bahan dasarnya sih terong bundar yang di potong kecil-kecil dan masih mentah. Kemudian dicampur dengan sambal yang sudah di uleg. Hmm.. endes lah. Enak banget kalau dinikmati dengan nasi hangat. Tapi biasanya kalau makan di warung taliwang pasti ada sambal beberok juga. Sangat mudah untuk ditemukan.

Nah itulah makanan khas Lombok yang wajib banget untuk dicoba jika datang berkunjung ke Lombok. Jangan sampai terlewat yaa..

Note : mohon maaf sebelumnya jika gambar yang saya gunakan saya ambil dari mbah google. Karena hari ini lagi kangen rumah. Yasudah deh ya ketimbang ngiler liatnya mending di tulis dan direkomendasikan bagi yang berencana liburan ke Lombok.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s