Bunda Sayang

Game Level 5 : Seorang Mukmin Adalah Cerminan Bagi Saudaranya

Masih tenggelam dalam tulisannya Rumi. Kali ini saya membaca bab Seorang Mukmin Adalah Cerminan Bagi Saudaranya.

Suatu hal yang tidak bisa kita hindari adalah kita terlalu mudah untuk mengingat kesalahan orang lain dari pada kebaikannya. Ketika seseorang melakukan 1 kesalahan, maka gugur semua kebaikannya.

Kita lupa bahwa diri kita sendiripun nggak luput dari yang namanya perbuatan dosa. Tapi kita masih saja lebih membuka mata untuk melihat kesalahan orang lain daripada diri kita sendiri

Saya rasa tulisan-tulisannya Rumi memang sebagian besarnya adalah untuk mengajak kita melihat ke dalam diri kita sendiri. Agar kita tidak melulu melihat kesalahan orang lain dan mengomentarinya.

Mungkin maksud dari tulisan pada bab ini adalah ketika kita melihat aib seseorang adalah sebenarnya pengingat untuk diri kita sendiri. Kita pribadi juga tidak jauh dari perbuatan dosa. Nah, dosa yang diperbuat oleh orang lain adalah pengingat bagi dosa kita sendiri. Selain itu adalah bahan bagi kita untuk muhassabah diri agar kita selalu berusaha menjadi hamba yang seutuhnya menghamba kepadaNya.

Jika aib dari orang lain dapat menggetarkan jiwa kita. Bisa jadi itu adalah tanda cinta dari Allah untuk kita. Karena kita diingatkan untuk terus berusaha menjadi baik.

Namun bukan berarti sikap buruk yang dilakukan oleh orang lain adalah untuk bahan ghibah kita. Melainkan hal tersebut adalah untuk pembelajaran bagi kita. Dan tidak lupa juga menghaturkan doa kepadanya agar dia bisa menjadi lebih baik.

Bahkan saya sendiripun juga masih belum seutuhnya bisa mengkontrol nafsu untuk tidak ghibah.

Semoga Allah selalu menunjukkan kita jalan yang lurus. Aammiinn.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s