Kontemplasi

Mengekspresikan Pilihan

Ada wanita yang memilih untuk mengekspresikan dirinya dengan sederhana, dengan tampilan yang sederhana. Ada juga wanita yang mengekspresikan dirinya dengan berdandan dan berpenampilan modis. Namun ada juga wanita yang memilih untuk terlihat biasa saja asal nyaman walaupun tidak nyaman dilihat orang-orang tertentu.

Ada wanita yang memilih untuk terlihat feminin dan anggun. Ada juga wanita yang lebih suka berpenampilan tomboy.

Ada ibu-ibu yang memilih untuk terlihat seperti ala-ala sosialita yang heboh. Ada juga ibu-ibu yang sederhana, tidak suka hal glamor. Namun ada juga ibu-ibu yang memilih daster sebagai pakaian kebanggaannya.

Ada pria yang mengekspresikan dirinya dengan tampilan yang sederhana. Ada juga pria yang yang suka terlihat elegan, gaul, funky atau apa sajalah. 

Ada pria yang tidak suka perawatan, namun ada juga pria yang suka perawatan untuk meningkatkan performa diri.

Ada orang kaya yang mengekspresikan kekayaannya dengan menunjukkan segala apa yang dimilikinya. Ada juga orang kaya yang lebih memilih tetap sederhana. 

Ada orang miskin yang tetap bersabar dan tiada henti untuk bersyukur. Namun tidak sedikit juga orang yang miskin tapi ingin terlihat kaya dan cara apapun.

Beragam ekspresi yang ditunjukkan oleh manusia, entah berdasarkan keinginan atau kebutuhannya. Begitu berpelanginya cara ataupun ekspresi manusia dalam berkehidupan sampai kadang kita tidak mampu untuk mengeneralisirkannya.

Namun begitulah, setiap orang merasa berhak untuk bertingkah polah sesuai dengan ingin dan butuhnya. Dan setiap kita yang memperhatikan hanya bisa menjadi komentator dan tentu apa yang kita saksikan pasti menyimpan makna untuk pembelajaran diri.

Segala pilihan yang kita putuskan jelas ada pertanggungjawabannya. Apapun itu yang kita pilih, pilihlah yang terbaik untuk diri sendiri tanpa memberikan dampak negatif pada sekitar. Dan tetap mengikutsertakanNya dalam setiap keputusan agar tidak terjadi penyimpangan terhadap pilihan yang telah diputuskan. Untuk pilihan orang lain yang diwujudkan dalam kehidupannya sehari-hari, jika positif, tiru lalu modifikasi. Jika negatif, jadikan pembelajaran dalam ruang renung kita masing-masing.

Advertisements

2 thoughts on “Mengekspresikan Pilihan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s