Bunda Sayang

Game Level 3 : Yuk Kurangi Beban Bumi! #5

Laporan kali ini isinya lebih banyak wacana gegara tadi pagi liat video-video inspiratif di facebook.

Di Norwegia memiliki sistem daur ulang sampah botol plastik yang sangat baik. Jadi ada mesin untuk deposit botol plastik dan setiap botol ada hargany tergantung besarannya. Asik kan? Ada aja cara pemerintah setempat untuk memberikan effort kepada masyarakatny untuk mengurangi beban lingkungan.

Sebenarnya di Indonesia ga kalah juga sih. Indonesia juga punya bank sampah. Tapi sayangnya ga semua melakukan, masih belum merata penerapannya. Bisa bangetlah nanti ketika sudah settle bikin bank sampah. Harapan ke depan, harapan ke depan. Heheh

Selain itu juga ada desainer yang sudah bosen ngdesain untuk high end lalu dia mencoba untuk mendaur ulang kain-kain bekas menjadi baju yang sangat fashionable. Waaaawww.. Kalo saya sih nggak mungkin bisa buat. Njait aja ga bisa. Lol. Tapi bisa jadi inspirasi untuk memanfaatkan kain bekas sebagai keset misalny, kain pel, atau hal lainnya. Nanti dicoba deh. Hehehe..

Oh ada hal yang terlupakan mengenai daur ulang sampah organik yaitu melalui pembuatan lubang biopori. Ternyata penting lhooo untuk menerapkan lubang biopori karena dapat meningkatkan kesuburan tanah. Penerapan lubang biopori gampang aja sih tinggal nanem pipa yang udah di bolong-bolongin tinggal masukin sampah organik deh. Tapi ada juga sih yang cuma ngeduk tanah udah gitu tinggal diisi dengan sampah organik. Gampang banget kaann? Bisa bikin tanah tambah subur pula. Waaaahh.. Nantilah diterapkan!

Btw, box botol deposit saya udah penuh lhooo hari ini. Yeeaaaayyyy.. (Eaaakk, box botol deposit. Ya udah deh dikasi nama kayak gitu aja deh). Tinggal diserahterimakan kepada bapak pengumpul botol 😊😊😊.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s