Matrikulasi · Uncategorized

NHW 5 : Learning Pembelajaran

Emiria_23_NHW#5

 

DESAIN PEMBELAJARAN

Learning How to Learn

Saat ini saya masih dalam posisi belum berkeluarga sehingga saya akan memulai desain pembelajaran saya untuk diri saya sendiri sebelum saya menjadi ‘guru’ untuk anak-anak saya sendiri di masa depan. Saya memulai desain pembelajaran ala saya untuk saya dengan cara lebih mengenal diri saya sendiri. Saya memiliki kepribadian sangunis-melankolis. Dua kepribadian yang sangat bertolak belakang mengingat sangunis adalah kepribadian yang ceria, enerjik, ekspresif, ga bisa diem, pokoknya segala hal yang berkaitan dengan ‘ga bisa diem’. Sedangkan melankolis sendiri adalah tipikal kepribadian yang mendem, perfeksionis, syahdu.

Sehingga dari dua keperibadian yang ada dalam diri saya tersebut, saya akan memanfaatkannya dengan baik. Bagaimana saya memanfaatkan kepribadian saya tersebut?

Karena saya adalah sanguinis yang cukup sosialis sehingga saya lebih suka belajar pada apa yang tampak di hadapan saya. Sehingga saya doyan banget kelayapan walaupun kelayapan saya kurang jauh. Saya memperhatikan fenomena yang ada di hadapan saya. Lalu saya mencoba menelaah apa makna yang tersirat dalam fenomena tersebut, kemudian saya pilah. Mana yang baik dan mana yang tidak baik. Saya berusaha untuk mengimplementasikan yang baik kemudian yang tidak baik saya jadikan sebagai pembelajaran.

Jurusan kuliah saya saat ini yaitu “perumahan dan permukiman” yang lebih cenderung ke arah kegiatan sosial sehingga membuat saya kudu blusukan ke kampung-kampung. Saya sangat memanfaatkan momen ini karena ada buanyaaaaaaaaaaaaakkkk banget pelajaran yang bisa saya ambil selama kegiatan blusukan kesana kemari. Karena blusukannya nggak Cuma ke kampung-kampung unggul tapi juga kampung-kampung yang di anggap kumuh. Bahkan di kampung yang di anggap kumuh pun terdapat buanyak pelajaran yang bisa di petik dan bisa saya terapkan dalam kurikulum belajar anak-anak saya nanti. Dan prosesnya adalah tetap melihat à memilah à mengembangkan à mengimplementasikan à mengevaluasi hasilnya.

Lalu yang kedua, saya adalah tipikal melankolis. Bagaimana saya memanfaatkan ini? Pembelajaran yang saya lakukan adalah melalui media buku,video, medsos seperti pinterest. Saya memulai untuk mencintai buku-buku dari diri saya sendiri sebelum mencoba memperkenalkan buku-buku kepada anak-anak saya nantinya. Dari buku-buku saya bisa menghimpun berbagai informasi baik itu seputar parenting ataupun hal lainnya yang bermanfaat untuk kehidupan saat ini dan masa depan.

“Ramai adalah ruang belajar. Sepi adalah ruang renungnya”

Begitulah cara saya belajar. Saya mengunjungi keramaian. Belajar dari pengalaman, fenomena yang ada. Kemudian kembali pada ruang sepi saya. Menelaah setiap makna yang ada. Menghimpun informasi yang ada à memilah à mengembangkan à mengimplementasikan à mengevaluasi.

Dari kegiatan proses pembelajaran yang saya lakukan, saat ini saya in proccess memetakan apa yang utama saya lakukan kepada anak-anak saya nantinya. Dan proses pemetaan ini cukup sulit mengingat saya belum tau anak saya nantinya seperti apa. Yang pasti sih nggak jauh-jauh dari emakny. Hahaa.. Lebih tepatnya sih in proccess menemukan ide2 untuk dijadikan bahan untuk kurikulum buat anak2 saya nantinya. Setelah ketemu ide-ide baru saya mencoba memetakan. Walaupun proses menemukan ide ini pasti akan terus berlanjut hingga nanti saya udah punya anak.

Kurikulum untuk anak

Saya belum bener-bener buat kurikulum sih. Lebih tepatnya gambaran umum desain pembelajaran untuk anak yang nantinya akan saya teritili. Gambaran umum desain pembelajaran untuk anak saya nantinya adalah :

  1. Pengenalan
  2. Penggalian
  3. Pengembangan
  4. Penerapan

Secara umum sih begini. Dan saat ini masih in effort untuk memetakan. Hihi..

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s